Pages

Kamis, 22 September 2011

Administrasi Perkantoran

Administrasi Perkantoran adalah jurusan yang saya ambil di SMK Negeri 6 Surakarta.
Administrasi Perkantoran mengajarkan tentang kegiatan-kegiatan administrasi di perusahan, kantor-kantor ataupun lembaga pemerintahan. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain : surat-menyurat, menangani telepon, menyiapkan dan menangani rapat, mengatur jadwal pimpinan dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan surat-menyurat terdapat istilah kearsipan, sedangakan kata arsip sendiri berarti kumpulan warkat yang disusun secara sistematis dan mempunyai guna, dan apabila diperlukan bisa ditemukan dengan cepat. Dalam Kearsipan dikenal berbagai kegiatan kearsipan diantaranya penciptaan, pengolahan, penyimpanan dan perawatan.
Penciptaan dalam hal iuni adalah pembuatan dokumen-dokumen atau surat-surat keluar yang tentunya berguna bagi perusahaan atau instansi terkait.
Pengolahan diartikan proses menangani surat-surat masuk maupun keluar beserta dokuneb-dokumen yang ada pada perusahaan tersebut.
Penyimpanan merupakjan cara untuk menghindarkan dokumen-dokumen vital perusahhaan hilang, rusak, atau tidak ditemukan. Penyimpanan bisa dilakukan dalam almari, filling cabinet atau pada folder-folder yang aman.
Perawatan ialah upaya penjagaan dokumen yang telah rusak atau hilang dengan cara mengganti atau memperbaikinya.

0 komentar:

Posting Komentar